Siapakah Freddy di Ruin? (Security Breach Ruin)


(Tulisan ini diadaptasi dari video 'Game Theory: FNAF, Buried, and Forgotten (Security Breach Ruin))

Siapa yang tidak kenal vokalis favorit kita, Freddy Fazbear?
Animatronic yang paling setia melindungi Gregory di Security Breach. Namun di Ruin, kita melihat animatronic Freddy yang hancur dan tanpa kepala. Apakah dia merupakan Freddy yang sama yang kita kenal?

Hal yang paling menonjol dari Freddy di Ruin adalah tulisan 'prototype' di kakinya yang kita tidak temukan di Security Breach. Hal ini menimbulkan kecurigaan bahwa kita sedang bertemu dengan Freddy yang berbeda.

Menurut Matpat (The Game Theorists), Freddy tersebut merupakan Freddy yang sama dengan yang di Security Breach. Apa buktinya?

Ketika Cassie memakai topeng Vanni, Freddy Ruin akan menghilang dari pandangannya. Hal tersebut karena Freddy tidak terdata di dalam dunia AR di Ruin. Kemungkinan besar, alasannya karena Freddy nge-glitch ketika melihat Gregory di opening Security Breach.

Animatronic lain akan tetap terlihat walaupun Cassie memakai topeng Vanni, yaitu berupa data. Saat itu juga, animatronic tersebut akan berhenti mengejar Cassie karena menganggapnya bagian dari data. Topeng tersebut membantu Cassie menjadi bagian dari dunia AR. Ketika topengnya dilepas, baru animatronic lain akan kembali mengejar Cassie karena mengganggapnya sebagai sebuah ancaman.

Karena Freddy nge-glitch dan masuk 'safe mode', maka Freddy tidak melakukan hal tersebut.

Namun apa yang terjadi dengan tubuh (dan terutama kepala) Freddy?

Ending Security Breach memang cukup membingungkan, tetapi setelah munculnya Ruin, kita bisa mengambil sebuah kesimpulan. Pada 'Princess Quest Ending', Gregory mengalahkan video game Princess Quest. Para robot keamanan mengalahkan Vanni dan terlihat topengnya tergeletak di lantai. Gregory kabur dengan hanya membawa kepalanya Freddy, kemudian Vanessa yang sudah lepas dari pengaruh topeng Vanni pun bergabung dengan Gregory.

Badan Freddy yang tertinggal di pizzaplex bisa jadi hancur karena gempa bumi yang terjadi setelah Gregory pergi, ataupun ada juga kemungkinan karena dihancurkan oleh para robot ketika melawan Vanni. Yang pasti, Gregory hanya membawa pergi kepala Freddy yang masih utuh.

Freddy pun kini tampak hancur tanpa kepala seperti yang terlihat seperti di Ruin. Walaupun masih ada satu pertanyaan yang belum terjawab: Mengapa ada tulisan 'prototype' di kakinya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna Dibalik Kata-Kata yang Disensor Saat Marah (18+)