5 Hal yang Kusuka dari Indonesia | Opini

Mengapa kita perlu mencintai negara Indonesia? Memangnya apa yang bagus dari Indonesia?

Berikut adalah 5 hal yang kusuka dari Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain:

1. Makanannya Enak
Ada banyak makanan enak di Indonesia, seperti bakso urat, nasi goreng, sate dan gule, kikil, soto madura, soto banjar, soto betawi, opor ayam, bebek goreng, Indomie goreng, dll. Termasuk jajanannya seperti tempe menjes, tahu bacem, ote-ote, siomay, batagor, tahu walik, tahu tek, pentol, aci, tahu sumedang, kerupuk bawang, kerupuk udang, ketoprak, terong goreng, pete, dan masih terlalu banyak lagi. Bisa dipastikan makanan-makanan ini susah ditandingi oleh menu di belahan dunia lainnya. Makanan Indonesia cenderung kaya rasa, umami, gurih, dan asin. Itu belum dengan sambalnya.

2. Banyak Pemandangan dan Wisata
Tidak seperti di banyak negara, di Indonesia mudah sekali menemukan pemandangan alam yang indah, seperti persawahan, pantai, pegunungan, air terjun, sungai, laut, hutan, gunung, dsb. Bahkan banyak hal-hal tersebut dapat ditemukan di pinggir kota.
Banyak area tersebut yang telah dijadikan area tujuan wisata alam dan dipelihara dengan baik, yang menjadi tujuan pendamping setelah menikmat wisata di area perkotaan, seperti taman kota, alun-alun, pusat perbelanjaan, bioskop, hotel, kafe, restoran, konser, perpustakaan kota, stadion olahraga, theme park, dan berbagai tempat rekreasi alternatif lainnya.

3. Beragam Adat dan Budaya
Di Indonesia ada banyak adat dan budaya yang unik dan kuat. Hal-hal ini tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Tidak banyak negara yang punya adat sebanyak ini dan sebagai negara yang mempunyai mottot Bhinneka Tunggal Ika, kita harus bangga dan melestarikan budaya ini.

4. Ramah
Dibandingkan negara lain, orang-orang Indonesia memang relatif cukup ramah secara umum. Karena orang Indonesia suka basa-basi dengan orang asing, tidak sulit untuk merasa nyaman untuk beradaptasi dengan orang-orang baru. Berkehidupan sosial di Indonesia untuk pendatang bisa dibilang cukup mudah. Apalagi masih banyak warga yang mempunyai semangat gotong royong.

5. Hangat
Suhu di Indonesia cukup hangat dan nyaman untuk ditinggali, walaupun seringkali memang terlampau panas dan terik. Sebagai negara yang di lewati garis katulistiwa, Indonesia tidak punya 4 musim yang ekstrim. Indonesia hanya punya 2 kemungkinan cuaca: Hujan dan Tidak Hujan.

Namun ada juga hal-hal yang tidak menyenangkan di Indonesia. Berikut 3 di antaranya:

1. Diskriminatif dan Sulit Menghargai 
Indonesia terkenal paling suka membeda-bedakan orang lain, entah dari sukunya, warna kulitnya, cara bicaranya, rasnya, garis keturunannya, agamanya, pakaianmya, pekerjaannya, jabatannya, umurnya, sampai jenis kelaminnya. Bagi orang Indonesia, perbedaan membuat pihak lain lebih rendah, boleh ditertawakan, bahkan ditindas. Sulit untuk menanamkan prinsip di Indonesia bahwa setiap manusia itu setara. Orang Indonesia lebih cenderung suka sungkan dan minder, tetapi tidak bisa saling menghargai satu sama lain.

2. Tidak Taat Peraturan
Warga Indonesia bangga jika mereka melanggar peraturan. Bagi mereka "Peraturan ada untuk dilanggar". Jika tidak terlihat penegak hukum, orang Indonesia bisa dipastikan akan melanggar. Negara Indonesia masih belum bisa mengerti mengapa apa pentingnya dibuat tatanan, peraturan, dan hukum yang jelas dan tegas dalam kehidupan masyarakat yang beragam. Orang Indonesia lebih suka menggunakan logika mereka masing-masing yang belum tentu benar dan norma-norma masyarakat yang tidak tertulis. Sedangkan aparat penegak hukum pun banyak yang corrupt, serta tidak kreatif dalam mengatasi masalah seperti ini. Jangankan memberantas korupsi, membuang sampah saja masih sembarangan.

3. Miskin dan Kesejahteraan yang Tidak Merata
Harga Rupiah jauh di bawah dollar. Pendapatan per kapita orang Indonesia rendah. Banyak orang yang pendapatan per bulannya tidak dapat memenuhi kebutuhannya, di samping masih banyak yang belum mencapai UMR.
Sedangkan harga-harga semakin naik, menyamai standar kekayaan yang tidak merata di Indonesia. Kemiskinan di Indonesia membuat warganya semakin pemarah, suka melakukan hal-hal bodoh, termasuk korupsi dan kriminalitas lainnya. Kesejahteraan hanya bisa dirasakan oleh sebagian orang saja.

Apa yang kita bisa lakukan untuk Indonesia? Memperbaiki Indonesia juga merupakan bagian dari memperbaiki dunia. Dan memperbaiki dunia dapat membuat hidup kita dan generasi kita selanjutnya hidup lebih nyaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna Dibalik Kata-Kata yang Disensor Saat Marah (18+)