Harapan untuk Pemerintah 2024-2029 - Opini

Ada beberapa aspek yang penting bagi pemerintah baru ini:

1. Kesenjangan Ekonomi
Harga semakin naik adalah problema dari masyarakat menengah ke bawah. Masalahnya, masyarakat kelas atas semakin banyak dan semakin kaya. Kesenjangan semakin besar.

UMR setiap daerah harus disesuaikan lagi. Orang miskin di Indonesia harus punya standar yang tidak terlalu rendah juga dibanding orang menengah. Pelan-pelan pasti bisa ditingkatkan dan disamaratakan di setiap daerah. Sembari melanjutkan proses peningkatan lapangan pekerjaan, pelatihan skill, dan pemberdayaan UMKM.

Kalau ekonomi dunia semakin jauh, Indonesia juga harus semakin naik pendapatan per kapitanya. Menurunkan bahan pangan sudah bukan solusi lagi.

2. Menteri Kesehatan Harus Dari Kalangan Dokter
Ini harga mati. Sudah (minimal) dua kali ini menteri kesehatan dipegang oleh orang yang meragukan dan hal tersebut menimbulkan kegaduhan di dunia kedokteran. Untuk memperbaiki kesehatan di Indonesia, kerja sama dan kekompakan adalah hal yang sangat penting. BPJS sudah perlahan membaik dan menemukan jalan tengah. Maka dari itu, komandonya harus baik.

3. Bonus Demografi
Harus ada konsentrasi dari pemerintah terhadap bonus demografi mendatang. Pendidikan tentu harus semakin merata, terjangkau, dan baik kurikulumnya. Selain itu, revolusi mental harus sangat ditekankan, terutama dalam menghadapi efek buruk sosial media sebagai perkembangan jaman.

Harus ada gerakan dan program khusus untuk mempersiapkan bonus demografi ini supaya tidak berbalik menjadi beban demografi.

4. KPK
Pemberantasan korupsi harus kembali ke masa jayanya. Kepentingan-kepentingan yang menggangu kerja KPK harus segera dibinasakan supaya badan yang sudah baik ini tidak jatuh ke tangan oligarki.

5. Hapuskan Politik Identitas, Kembalikan Identitas Indonesia
Pancasila sebagai identitas bangsa kita harus mengikuti perkembangan jaman. Pancasila harus menjadi sesuatu yang keren dan membanggakannya bagi mayoritas. Indonesia harus punya cara untuk mengadaptasi budaya asing untuk menemukan kembali jati dirinya.

Presiden Indonesia kali ini tidak akan bisa diandalkan. Aku akan golput dan menyatakan untuk melakukan peranku sendiri.

Hanya dengan semangat itu, Indonesia akan berubah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna Dibalik Kata-Kata yang Disensor Saat Marah (18+)