Minggu, 08 Mei 2016

What I Need For The Next RUNNING MAN Episodes (2016)

I love them! 
Running Man tak ubahnya sahabat yang telah menemaniku selama beberapa tahun belakangan ini. Sayangnya belakangan ini setiap episode terlalu 'dinamis' dalam konotasi yang tidak baik. Walau selalu menyenangkan bertemu para member, tetapi tidak setiap minggu penampilan variety Korea ini menunjukkan keseruannya. Tidak sama seperti saat, ehm, dulu....
Sebenarnya apa sih yang membuat RM seperti ini?
Alih-alih mencoba menebak apa yang salah, aku ingin menunjukkan hal-hal yang kubutuhkan pada episode-episode RM selanjutnya. Semua argumenku berdasarkan episode-episode terbaru RM yang masih bisa dibilang menarik. Go check it out!

1. Just let them play with theirself!
RM sudah berjalan hampir (atau sudah?) 6 tahun. Chemistry di antara para member tersebut sebisa mungkin dimaksimalkan dengan baik. Sangat menyenangkan menonton episode RM ketika ketujuh member diwadahi tempat bermain satu sama lain, bercanda dan saling mengomentari satu sama lain.
Apalagi menurutku karakter mereka masing-masing sangat butuh pembaharuan, maka sharing antar anggota akan menjadi wadah yang bermanfaat bagi mereka. RM butuh identitas baru! Dan identitas terkuat mereka tentunya ada pada para member. Make it more personal!

2. Invite Unpredictable Guests
Alih-alih mengundang idols maupun aktor baru, mengundang para komedian dari 'People Looking for Laughs' merupakan ide yang sangat baik! RM harus sering-sering mengambil resiko seperti ini. Tamu yang tidak biasa, seperti komedian, fans, para profesional di bidangnya, ataupun penghuni acara TV saluran sebelah (mengundang member 2 Days 1 Night misalnya), akan membuat sebuah episode menjadi lebih berharga. Hal ini bisa lebih baik daripada mengundang aktor terkenal yang sudah banyak diundang ke acara TV lain, bahkan sesama acara SBS. Tamu-tamu yang unik ini pun akan membuat permainan yang sederhana menjadi lebih menyenangkan hanya karena kehadiran mereka. Apalagi jika diberi permainan yang menantang pasti lebih seru dan memorable!

3. Don't Let Us Notice the Fake Reactions
Plis stop membuat members berusaha terlalu keras! Sangat menyenangkan melihat Running Man mendatangkan berbagai macam hantu. Namun tidak sehat jika konsep tersebut menuntut mereka untuk ketakutan. Memang menarik melihat Haha sampai menyumpah serampah karena ketakutan, tetapi RM harus memberi ruang 'kreatif' kepada member lain yang kadar ketakutannya tidak terlalu tinggi. Episode Virus Zombie (eps 277) merupakan contoh baik bagaimana para anggota justru bertingkah sangat lucu meski tema episodenya menegangkan. Wajar-wajar sebenarnya menujukkan reaksi berlebihan for comedy sake seperti yang sering dilakukan oleh Kwangsoo dan lainnya. Namun yang mau  aku katakan adalah tugas para member seharusnya menemukan kelucuan/bermain-main dengan konsep yang ditawarkan tim produksi, bukannya menciptakan 'kelucuan baru' demi kelancaran acara yang telah disusun oleh tim produksi.

4. Surprise Us by Bringing Back the Old Concepts
Membawakan konsep dan permainan-permainan lama, seperti spies, 1 vs. X, ripping name tag, bell hide and seek, ddakji, fantasy world, super powers bahkan finding guests akan sangat efektif untuk meningkatkan mood penonton. Sekali-kali permainan-permainan seperti ini bisa muncul karena selain merupakan ciri khas acara ini, member maupun penonton bisa bernostalgia dengan perjalanan jauh yang telah ditempuh oleh Running Man. Kedatangan tamu-tamu lama, seperti Nickhun, UEE, Choi Minsoo ataupun Dongwan FD pun dapat menjadi kejutan yang menyenangkan untuk sebuah episode. Apalagi jika bisa dikemas dengan rapi dan menarik. Namun hal ini tidak perlu sering dilakukan karena berani membuat konsep fresh dan orisinil selalu lebih baik.

5. Every Episode Should Be The Best RM Episode
Semangat untuk menciptakan konsep yang sempurna rasanya tidak selalu hadir di setiap episode. Hal yang paling menyebalkan dari RM adalah ketika ada sebuah permainan yang tidak ditampilkan (dipotong) karena mungkin tidak lucu, sedangkan ada permainan yang tampil saaaaangat lama karena kebetulan member bisa menemukan hal yang sangat lucu pada momen tersebut. Adanya ketidakseimbangan menunjukkan bahwa permainan-permainan tersebut tidak menjadi satu kesatuan konsep yang utuh dan kuat. I love good incidious editing tho, tetapi tidak ketika sebuah episode terasa sangat tidak seimbang, meskipun lucu. Salah satu hal yang membuat RM menang dibandingkan dengan acara lain adalah konsepnya yang unik dan KUAT! Maka konsep setiap episode-nya harus selalu punya ambisi untuk menjadi tontonan paling baik yang pernah ada.
Pastinya tidak mudah membuat Running Man tetap stabil berada di puncak kejayaan. Ada banyak pihak yang perlu dipuaskan oleh 1 keluarga besar kru dan member RM. Yang penting aku berharap RM bisa membawa kebaruan serta menemukan kembali jati dirinya, tentunya supaya penonton punya alasan untuk mau tetap menonton acara kesayanganku ini.

Good luck and fighting!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar