Worthless, But..... (2)

Baca juga Worthless, But..... (1)

 Apakah kalian juga depresi?

Baaaaanyak sekali yang aku mau tuliskan di sini, tapi sayangnya aku lagi kehabisan tenaga. I'm depressed! That's why I feel soooooooooooooooo worthless all the time, run out of energy, insomnia and so stres. BUT!!! I think I can handle it. I will...

Kali ini aku mau tulis beberapa tips aja buat kalian yang depresi ataupun yang sekedar stres dan tidak percaya diri. Check it out!

1. Stop Membahas Masa Lalu!
Masalah yang sudah lewat maupun memori buruk seringkali datang ketika kita depresi. Hal tersebut membuat kita merasa bersalah, tidak berdaya sampai frustasi. Ini juga sangat sering terjadi padaku dan aku mulai mengenali polanya. Saranku: ketika tiba-tiba memori buruk itu datang langsung lupakan! Jangan dibahas! Sadari bahwa hal tersebut telah berlalu then just forget it~

2. Buat Rencana!
Kerja otak kita cenderung melemah ketika kita stres karena bertambahnya produksi hormon kortisol. Kita harus sadar bahwa performa kita akan menurun pada kondisi tersebut. Membuat to-do-list atau daftar perencanaan sangat membantu efektifitas kerja kita. Merapikan dan menyimpan barang pada tempat yang spesifik (mis: tidak memindah-mindahkan kunci kendaraan) pun dapat mencegah keteledoran kita. Selain itu, mengurangi schedule dan tidak mudah menerima tawaran kerja orang lain juga penting untuk dilakukan supaya stres tidak bertambah berat.

3. "Pegang" Sesuatu yang Membuat Kita Nyaman!
Situasi panik dengan tekanan tinggi bisa datang kapan saja dan di mana saja. Akan sangat berguna jika kita mempunyai senjata untuk menguasai mood kita. Bentuk senjata tersebut bisa berbagai macam, seperti Al-Qur'an (yang bisa dibawa ke mana saja), earphone untuk mendengarkan lagu favorit, sebotol air putih, dan sebagainya. Jika menemui psikiatri kalian akan diberikan obat anti-depresan atau anti cemas.
Namun ada beberapa senjata yang efektif kerjanya, tetapi tidak terlalu baik dampaknya, contohnya sosial media. Terkadang aku membuka hape untuk melihat berbagai tulisan teman di sosmed untuk menenangkan diri, tetapi sayangnya hal itu justru membuatku memikirkan semakin banyak hal.
Senjata lain yang tidak terlalu baik adalah minuman dan makanan yang tidak sehat. Teh manis sangat bisa membuat kita tenang. Selain kandungan dalam tehnya, rasa manis pun dapat menenangkan kita. Namun segala hal yang berlebihan itu tidak baik, termasuk teh pun dapat membahayakan kesehatan kita. Selain itu, mengatasi stres dengan makan bisa membuat kita kegemukan (this is what happens to me) serta memperberat kerja sistem pencernaan yang akhrinya bisa merusak tubuh kita.

4. Keluar Ruangan!
Terdapat perbedaan yang sangat besar setiap kali aku mengurung diri di kamar dibandingkan dengan pergi ke luar rumah. Salah satu aktivitas favoitku adalah pergi ke bioskop karena aku bisa pergi ke luar rumah dengan tujuan spesifik, aku bisa naik motor dan menikmati perjalanan yang tidak singkat, tempatnya nyaman, mudah diakses hampir setiap saat asalkan ada uang, serta tidak perlu banyak berpikir untuk melakukannya.
Namun akhir-akhir ini aku berusaha untuk berolahraga ringan dengan berjalan kaki 30 menit. Sudah 3 hari ini aku melakukannya. Cukup menyenangkan karena tidak terlalu melelahkan, serta bisa kulakukan sambil melakukan hobi baruku: hunting photo! Bismillah doain aja bisa mendaptkan hasil yang baik. Amiiin!

5. Miliki Integritas!
Meski dalam keadaan depresi, kadang kita dituntut untuk bekerja dengan orang lain. Sensitivitas diri yang tinggi membuat kita seringkali rapuh oleh orang ataupun situasi tak terduga. Mempunyai konsistensi diri akan sangat membantu kita untuk tetap tegar menghadapi berbagai masalah. Kepercayaan diri tidak hanya penting untuk meraih kesuksesan, tetapi juga berguna agar bisa bangkit dari keterpurukan. Terkadang kita harus menutup telinga dari pendapat orang lain jika kita tahu bahwa hal yang kita lakukan (biasanya) merupakan sikap yang terbaik. Diri ini memang tidak sempurna, but guess what: nobody's perfect! Menurutku sehebat apapun skill seseorang, jika tidak mau percaya bahwa dirinya sudah cukup hebat, maka kehebatannya tersebut akan terhambat. Integritas akan segera menyadarkan kita apa yang harus dilakukan/dipikirkan saat sedang tertimpa masalah.

6. Have Fun!
Hal terpenting untuk dilakukan dalam keadaan depresi adalah relaksasi. Tidur! Istirahat! Nikmati hidup! Perbanyak tersenyum dan tertawa! Lakukan apa yang kita suka! Curhat dan menangislah kalau perlu! Hal-hal tersebut akan membuat otak kita lebih tenang dan relaks. Beban pun akan terasa lebih ringa. Ingat, DEPRESI bukan lawan kata dari BAHAGIA! :')

Oke, cukup dulu tulisan kali ini. Wish me strong, guys! Doakan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna Dibalik Kata-Kata yang Disensor Saat Marah (18+)