Minggu, 24 April 2016

Mungkin Anda Stres? (2)


Apakah kamu stres?

Kalau kamu galau atau stres mungkin hal-hal ini yg menjadi penyebabnya (4 kebutuhan dasar psikologis manusia):

1. Kurang/menghilangnya rasa kasih sayang/cinta
2. Merasa tidak dilibatkan atau diabaikan
3. Direndahkan, dilecehkan atau merasa diri rendah. Harga diri hilang/menurun.
4. Merasa terkekang dan tidak bebas.

Kalau bukan keempatnya, ya berarti mungkin ada masalah yang belum terselesaikan.....
Tidak ada selain itu.
Insyaallah, scientifically, hanya itu.

***

Setiap orang punya daya tahan yang berbeda-beda terhadap stres. Daya tahan tersebut bisa dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, kepribadian, tingkat intelegensi, emosi ataupun status sosial. Selain itu daya tahan kita juga tergantung seberapa stres/beban yang didapat. Ketidakmatangan dan kerangka pengetahuan (persepsi/pemahaman) yang salah terhadap stres pun dapat mengurangi kemampuan penyesuaian diri ktia.

Oleh karena stres yang besar, spesifik dan terlalu lama tidak ditangani dapat menyebabkan gangguan jiwa (apalagi jika ada faktor keturunan/genetik), maka selalu ingat untuk MEMINTA BANTUAN! Jangan sungkan ataupun gengsi untuk meminta pihak lain untuk membantu kita! Manusia tidak diciptakan kuat dan sempurna, sehingga manusia juga butuh bantuan untuk menjalani hidup.

Once again, please ask for help!

***

Stres tidak selalu hilang jika kita mengabaikannya. Penting untuk MENYADARI DAN MENERIMA bahwa kita dalam keadaan stres, atau secara sederhana: ikhlas.
Ada beberapa hal yang bisa lakukan jika stres:

1. Istirahatkan fisik (tidur, rekreasi) dan usahakan gaya hidup yang sehat. Be productive and healthy!

2. Jika ada masalah, selesaikan TUGASNYA/PERSOALANNYA (task oriented). Tentukan masalahnya, susun rencana, selesaikan dan evaluasi.

3. Ciptakan lingkungan yang sehat, berkomunikasi dengan orang sekitar dengan cara yang positif dan jangan lupakan aspek spiritual

Untuk menghadapi orang yang stres sebaiknya kita bersikap suportif, tidak merendahkan dan membuat dia seolah penuh dengan kesalahan.

***

Good luck!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar