Jumat, 30 Oktober 2015

Another Trip to The Moon [Short Review]

Judul: Menuju Rembulan a.k.a. Another Trip to The Moon (2015)
Sutradara: Ismail Basbeth
Pemain: Tara Basro, Ratu Anandita, Cornelio Sunny
Sinopsis:
A magical surrealist journey of Asa, daughter of a shaman, who confronts her own mother, fighting for her own life and freedom. (sumber: anothertriptothemoon.com)
Hmm.... Sampai hari ini aku nggak 100% ngerti film ini tentang apa. Hahaha... Aku cuma bisa menebak-nebak maksud dari sang sutradara, tetapi ah siapalah aku yang cuma seringkali sok tahu. Yah daripada nunggu aku paham filmnya, mending ktia langsung aja review filmnya. Yuk!

Sejujurnya sudah lama aku menantikan film denga gaya penceritaan seperti ini. Film yang diceritakan secara treatikal, dalam arti, tidak seperti kehidupan sehari-hari. Kalau sehari-hari kita melihat anjing sebagai hewan berbulu, kalau di film ini kita akan melihat hewan sebagai manusia yang memakai topeng. Hal tersebut dan masih banyak hal surrealis lainnya yang tentu punya maksud-maksud tertentu. Pengembangan konsep yang tampak matang membuat kita percaya untuk mengikuti film ini sampai akhir.

Menonton film 'Another Trip to The Moon' seakan memberikan pengalaman penontonnya memasuki dunia yang baru. Kita akan mengikuti petualangan Tara Basro sebagai 'Asa' yang, dengan segala kekurangannya, berusaha menjalani hidupnya di hutan belantara. Di sisi lain kita juga diajak untuk mengeksplor hal-hal baru pada beberapa setting pada film ini, serta merasakan sisi mana yang sebenarnya ingin diuluk oleh film ini. Selebihnya kita akan punya cerita yang bisa diceritakan ke orang lain, seperti layaknya dongeng yang secara bebas diteruskan generasi selanjutnya.
Sepertinya aku tidak bisa banyak komentar banyak tentang film yang "terlalu kiri". Seru sekali menonton film dari sutradara yang sama sebagai pembuat 'Mencari Hilal' yang mempunyai formula berbeda dengan film-film bioskop kebanyakan. Ismail Basbeth selanjutnya akan menyajikan film yang "pop banget" berjudul 'Talak 3'. Film yang menggaet Reza Rahadian, Vino G. Bastian dan Ladya Cintya Bella tersebut rencananya akan tayang tahun 2016 besok. Mari kita lihat seberapa bagus filmnya sekaligus respon penonton Indonesia terhadap film tersebut. Hehehe....
[Klik gambar untuk menonton trailer-nya di website resmi ATTM]


RATING: 8,4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar